Friday, November 18, 2011

ATRAKSI INTERPERSONAL DAN HUBUNGAN INTERPERSONAL


A. ANALISIS INTERPERSONAL


Analisis Interpersonal adalah

Kesukaan pada orang lain, sikap positif, dan daya tarik seseorang. Makin tertarik kita pada orang lain maka makin besar kecendrungan kita untuk berkomunikasi dengannya.



Adapun proses umum dari atraksi interpersonal adalah afiliasi, daya tarik, dan komunikasi atau interaksi dengan orang lain. 


Afiliasi = kecendrungan untuk berhubungan dengan jenisnya sendiri.


Daya tarik (atraksi) = pilihan bagi hubungan sosial mengindikasikan adanya daya tarik bukan hanya keinginan untuk afiliasi.


Komunikasi = komunikasi antara dua atau tiga orang, tetapi ini menjadi bermakna sangat banyak dan dapat didefinisikan dengan cara yang lain pula.



B. HUBUNGAN INTERPERSONAL

Komunikasi yang efektif ditandai dengan hubungan interpersonal yang baik, kegagalan komunikasi sekunder terjadi bila isi pesan kita dipahami, tetapi hubungan di antara komunikasi menjadi rusak. Dari segi psikologi komunikasi, kita dapat menyatakan bahwa makin baik hubungan interpersonal, makin terbuka orang untuk mengungkapkan dirinya, makin cermat persepsinya tentang orang lain dan persepsi dirinya, sehingga makin efektif komunkasi yang berlangsung diantara komunikan. 


Hubungan interpersonal dan tiga faktor dalam komunikasi interpersonal yang menumbuhkan hubungan interpersonal yang baik :

·         - Percaya(trust),

·        -sikap suportif,dan

·        -sikap terbuka(open mindedness). 


Hubungan interpersonal berlangsung melewati  :


Pembentukan Hubungan Interpersonal, tahap ini sering disebut dengan tahap perkenalan.Peneguhan Hubungan Interpersonal, hubungan interpersonal tidaklah bersifat statis tetapi selalu berubah. Untuk memelihara dan memperteguh hubungan interpersonal, perubahan memerlukan tindakan-tindakan tertentu mengembalikan keseimbangan.


 SUMBER : www.google.com

No comments:

Post a Comment